Senin

Jambore Penghijauan “Sak Wong Sak Wit”


Langkah Awal Menuju Green Economy


Kerusakan lingkungan terjadi akibat dari ulah manusia. Untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap sehat dan nyaman, banyak gagasan yang ingin mendemonstrasikan gerakan peduli lingkungan seperti halnya hari bumi dan hari lingkungan hidup sedunia.
Event Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit ini adalah satu langkah berkesinambungan untuk menjaga lingkungan hidup kita setiap saat, serta menjadikan lahan lebih hijau dan produktif. Bumi dan lingkungan kita tercemar setiap hari, setiap saat. Gas-gas kenalpot, efek rumah kaca dan sebagainya menjadi penyebab yang tak pernah berhenti menyumbang kerusakan lingkungan. Setiap hari, kita juga menghabiskan banyak energi yang diambil dari bumi; minyak, batubara, gas. Hal ini menuntut kita semua untuk menjaganya setiap saat juga, dengan langkah yang berkesinambungan.
Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit bermaksud mengajak semua masyarakat untuk sadar dan memberi sedikit perhatian pada bumi yang kita tempati. Ada beberapa titik pokok yang menjadi ruh dalam event ini, yakni penghijauan,  pelestarian ekosistem, pertanian, serta pariwisata.
Bagi mayarakat yang mengikuti kegiatan ini, berarti telah mendonasikan satu bibit buah. Dengan bibit buah ini, berarti kita telah membantu gerakan penghijauan, pelestarian ekosistem, bahkan termasuk pertanian. Disamping itu, bibit buah yang telah didonasikan akan ditanam di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Ini menjadikan bibit yang telh didonasikan lebih berarti dengan mendukung sektor pariwisata yang peduli lingkungan.
Save Earth With Hearth.


A.  TEMA DAN JUDUL ACARA
Tema                 : Save Earth With Hearth
Judul Acara        : Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit

B.  TUJUAN
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
1.   Menumbuhkan kesadaran kepada pemuda khususnya,         masyarakat pada umumnya, akan pentingnya        menjaga lingkungan hidup secara berkesinambungan.
2.   Membangun solidaritas sosial antar sesama masyarakat dan komunitas sebagai satu bagian dari upaya membangun lingkungan hidup bersama yang sehat dan nyaman, serta usaha menjadikan lahan lebih hijau dan produktif.

C.  KONSEP ACARA
q  Deskripsi :
Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Witmerupakan ajang perkumpulan seluruh komunitas yang berada di wilayah D.I. Yogyakarta. Dalam acara perkumpulan ini, akan ada kegiatan penghijauan dan tracking bersama serta bersih gunung.
q  Teknis Pelaksanaan :
Setiap peserta yang berpartisipasi sama dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk kemudian ditanam di daerah Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Selain menyumbang bibit, peserta yang hadir akan tracking bersama ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, bersih gunung, dan kemudian menandatangani deklarasi peduli lingkungan.

D.  WAKTU PELAKSANAAN
    Hari               : Minggu, 01 Juli 2012
    Waktu           : Pukul 06.00- Selesai
    Tempat          : Kawasan Ekowisata Gunung Api Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul

E.   PESERTA
·           Peserta Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit boleh dari perwakilan komunitas maupun perorangan.
·           Setiap Peserta yang akan mengikuti Jambore Penghijauan Sak Wong Sak Wit wajib membayar biaya kontribusi sebesar Rp 25.000,00; yang terdiri atas biaya pengadaan bibit buah dan konsumsi.
·           Peserta bisa mendaftar langsung di tempat-tempat pendaftaran yang telah ditentukan panitia atau Contact Person berikut :
Wahyu : 085740277907

Bagi Donatur yang berhalangan hadir namun tetap ingin berpartisipasi, dapat mendonasikan melalui rekening BRI
0410-01-009322-50-7
a.n Wahyu Budi Utami

·           Informasi lengkapnya dapat menghubungi 
Mbak Wahyu (0857 4027 7907), 
Twitter @sakwongsakwit
Facebook SAKWONGSAKWIT

F.   JADWAL PENDAFTARAN
Pendaftaran Peserta                       : 1 Juni – 27 Juni 2012.
Lokasi Pendaftaran                         :
-      Lab. PRO Ilmu Komuniasi lt.3 Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
-      Swaragama FM
-      Jogja TV
-      JIZ FM
-      Ikom Radio UMY
-      Saka FM
-      Rasida FM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar