Rabu

The Meaning of Blind Spot [Titik Buta]


Kenapa blog ini harus bernama Titik Buta?
Apa sekedar untuk sok-sok keren gitu?

Ok ok, saya akan jelaskan. Supaya nggak terjadi salah paham.
Awalnya, ketika mau membuat nama untuk blog ini, saya lumayan kesulitan. Semua nama yang saya ajukan, ternyata sudah ada yang memiliki. Sampai jengkel juga dibuatnya.
Ada alternatif terakhir, yaitu nama saya sendiri yang dijadikan nama blog. Tapi, setelah dipikir-pikir, memangnya saya siapa?
Bukan artis, atau juga tokoh terkenal.

Jadi saya coba alternatif lain, muter-muter otak, sampai secercah cahaya itu datang. Titik Buta, yeah keren juga, nggak terlalu khusus, bermakna umum. Jadi, jatuhlah pilihan pada Titik Buta.

Titik Buta berarti titik yang tidak terlihat. Dalam ilmu optik, daerah yang tidak mampu ditangkap oleh retina mata, sehingga objek tidak terlihat. Dalam definisi komunikasi yang pernah saya baca, titik buta berarti suatu sisi yang kita tidak ketahui, dah juga tidak diketahui oleh orang lain. Salah satu cara untuk melihat isi titik buta tersebut, adalah dengan adanya keterbukaan. Ketika kita berhubungan dengan orang lain, terkadang ada sisi yang kita tidak pahami, sehingga kita butuh orang lain untuk memberikan ransangan dan masukan. Sehingga kita dapat memahami sesuatu dengan benar dan mampu menghasilkan sinergi.

Yeah, saya juga tidak tahu, definisi yang saya tulis di atas, benar atau salah. Itu yang saya pahami. Tapi, filosofi tersebut cukuplah untuk saya jadikan nyawa dalam tulisan-tulisan saya.
Welcome to the blind spot!^_^

1 komentar:

  1. Silahkan dilanjutkan, ibu & bapakmu menyempatkan waktu untuk membaca. Akhir-akhir ini jarang menulis ya! Coba tulis pengalaman akhir saat mengajar di Cirebon.
    Met berjuang, semoga sukses.
    Wassalam,

    Ortumu,
    Edy Susilo

    BalasHapus