Senin

Walikota Terbaik Sejagad


Gambar: www.antaranews.com


Kembali anak bangsa ini berprestasi dengan masuk nominasi sebagai kandidat Wali Kota terbaik sedunia oleh The City Mayor Foundation. Dua orang yang beruntung ini adalah Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini (Risma). Mereka akan bersaing dengan puluhan kandidat Wali Kota terbaik dari lima benua di dunia. Selain nama walikota Jokowi dan Risma, kandidiat lain dari Indonesia terdapat pula nama Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Sebagai informasi, The City Mayor Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan sejak tahun 2003 untuk mendorong, mempromosikan pemerintahan lokal yang terbuka dan kuat. Setiap dua tahun sekali  organisasi ini meluncurkan penghargaan World Mayor Prize semenjak tahun 2004. Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan bagi para wali kota di seluruh dunia, yang terbagi dalam enam wilayah, yaitu Asia, Australasia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Afrika.

Kabar gembira tersebut bak angin segar bagi bangsa ini. Di tengah krisis kepemimpinan yang melanda, kasus korupsi yang tak kunjung usai dan ricuh BBM baru-baru ini. Seakan memberi keyakinan, bahwa kita masih memiliki orang-orang yang peduli dengan rakyat, dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan negeri. 

Nah, masuk sebagai nominator walikota terbaik sejagad sudah pasti merupakan kebanggan tersendiri bagi yang menyandangnya. Terlebih jika benar-benar terpilih dan mengalahkan puluhan kandidat lain dari seluruh dunia. Namun, ibarat penampilah panggung, para pemainnya harus mampu menjaga ritme penampilan. Agar dapat terus menjaga pandangan dan perhatian penonton darinya dan mendapat standing applause di akhir pertunjukan. Para penyandang nominator pun dituntut agar terus dapat menampilkan kinerja terbaik. Memberikan solusi-solusi nyata bagi permasalahan daerah yang dipimpinnya. 

Semoga nominasi walikota terbaik sejagad ini juga dapat memberikan semangat bagi para pemimpin daerah lainnya. Sehingga akan semakin banyak bermunculan para pemimpin idaman rakyat yang akan berkontribusi nyata dalam memajukan bangsa. Kita, sebagai golongan masyarakat yang peduli dengan masa depan Republik ini, tentu menjadi bijak bila kita mulai membuka mata dan telinga. Memberikan kesempatan kepada orang-orang tersebut untuk mengeksekusi konsep mereka tentang masa depan. 
Bagaimana menurut anda? (Mufid)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar